BUNTUT PAMER 7 TAS MEWAH, KADINKES LAMPUNG AKIRNYA BERURUSAN DENGAN KPK

Jatengtime.com-Jakarta-Buntut pamer tas mewah di medsos yang kemudian viral, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan ( Kadinkes ) Lampung, akirnya berhadapan dengan KPK.

Salah satu gaya hidup mewah Reihana yang disorot warganet saat dia sedang menenteng tas merek “ Hermes Birkin 40 Togo Rouge Tomate ” yang memiliki harga 9980 Euro atau setara dengan Rp161.832.295.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, Kamis (20/4/2023) lalu, pihaknya telah mempelajari mengenai data kekayaan perempuan yang bermodis busana jambul dikepala dan telah menjabat sebagai Kadinkes Lampung selama 14 tahun diperiksa oleh KPK karena hartanya dianggap janggal.

Reihana, yang lahir pada 25 Agustus 1963 di Aceh, melaporkan kekayaannya sebesar Rp 2,7 miliar berupa tanah dan bangunan senilai Rp 1,9 miliar, uang kas senilai Rp 300 juta, 3 kendaraan bermesin ( mobil ) senilai Rp 450 juta dan harta bergerak lainnya senilai Rp 6,7 juta.

“ Analisis awal ( kekayaan Reihana ) sih kecil bener ya…” kata Pahala.

Pahala menambahkan Tim Direktorat LHKPN KPK masih menelusuri asal kekayaan Reihana lewat data perbankan.

“ KPK lagi tunggu data perbankan dan lain-lain. Jadi masih di-review dulu data-datanya sebelum diputuskan akan diklarifikasi..,” ujarnya.

Reihana tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, pada Senin (8/5/2023) sekitar pukul 08.15 WIB, tidak banyak berkomentar. Dia hanya menyampaikan kondisinya sehat dan siap menjalani klarifikasi mengenai LHKPN.

Reihana lalu duduk di lobi Gedung KPK, dan menutupi wajahnya dengan majalah ketika wartawan akan mengambil gambar.

Pukul 12.40 WIB, Reihana selesai diperiksa. Dia keluar dari gedung KPK dan kembali irit bicara soal klarifikasinya hari ini.

“ Diklarifikasi saja ya. Silakan tanya KPK..” kata Reihana sambil bergegas meninggalkan KPK dan masuk ke mobil Kijang Innova berwarna silver.

7 tas mewah Kadinkes Lampung

Reihana diketahui mengoleksi 7 tas mewah :
1. Hermès Birkin Togo Gris Tourterelle 30 cm, diperkirakan harganya USD 28.070 atau sekitar Rp 411 juta.
2. Hermès Birkin Togo Rough Tomate 40 cm diperkirakan harganya 9.980 Euro atau sekitar Rp 160,9 juta.
3. Louis Vuitton Petite Malle Souple Handbag Monogram Black diperkirakan harganya mencapai Rp 47 juta.
4. Mini Dior Book Tote diperkirakan harganya Rp 41,3 juta
5. Louis Vuitton Cluny MM-Bleu Glacial diperkirakan harganya adalah Rp 27 juta.
6. Dior Navy Raffia Straw Woven Small Lady Dior Tote with Lucite Handles diperkirakan harganya USD 1.800 atau sekitar Rp 26,4 juta.
7. Gucci Brown GG Supreme ‘Gucci 1955’ Horsebit Mini Bag diperkirakan harganya Rp 10,5 juta.

Kasus dugaan korupsi yang pernah menyeret Reihana.

Reihana kerap terseret berbagai kasus hukum yang melibatkan Dinkes Lampung, namun tidak pernah ditetapkan sebagai tersangka.

Tahun 2013, kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan bus Rumah Sakit Keliling dan bus lain serta ambulans, Reihana berhasil lolos dan tidak ditetapkan sebagai tersangka utama.

Tahun 2016 kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Peralatan Kesehatan ( Alkes ) puskesmas perawatan program pembinaan di Dinas Provinsi Lapung senilai Rp 13,5 milyar. Reihana hanya ditetapkan sebagai saksi. Tersangka utama justru jajaran dibawah kepemimpinannya.

Tahun 2022 kasus dugaan tindak pidana korupsi penggunaan dana Dinkes tahun anggaran 2021, hingga kini masih ada pada proses penyelidikan Ditreskrimsus Polda Lampung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.