ROMBONGAN KAPOLDA JAMBI BERHASIL DIEVAKUASI TIM SAR GABUNGAN, KAPOLDA MINTA DIEVAKUASI TERAKIR

Jatengtime.com-Jakarta-Setelah bertahan 53 jam di hutan belantara perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, pada Minggu (19/2/2023) dalam keadaan terluka, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan seluruh rombongan berhasil di evakuasi Tim SAR gabungan TNI, Polri dan BASARNAS.

Proses evakuasi pertama gagal dilakukan karena cuaca buruk, Kapolda dan rombongan terpaksa menginap di tenda darurat dalam kondisi terluka.

Karena berada dihutan belantara, rombongan Kapolda dijaga 30 personil gabungan dan dirawat tim medis.

Irjen Rusdi Hartono beserta 7 rombonga, Selasa (21/2/2023) sore akirnya berhasil dievakuasi tahab 2 melalui jalur udara menggunakan 6 helikopter.

Tahapan penanganan evakuasi dan tindakan medis para korban dilakukan di beberapa lokasi, yaitu :
– Kopilot helikopter AKP Amos Freddy P Sitompul dan ADC Kapolda Briptu Muhardi Aditya dievakuasi di Bandara Sultan Thaha Jambi dan melakukan proses perpindahan dari helikopter ke ambulance, kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Jambi.
– Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira dan Dir Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan dievakuasi di posko Kabupaten Merangin, Jambi untuk mendapatkan tindakan medis.
– Kapten Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap dan Mekanik helikopter Aipda Susilo dievakuasi melalui pendaratan di Lapangan KONI Merangin.

Kapolda Jambi Irjen Rusdi meminta agar dievakuasi terakir.

Sebagai wujud jiwa pemimpin, Kapolda Jambi Irjen Rusdi meminta dirinya agar dievakuasi terakhir setelah seluruh anak buahnya dievakuasi.

Permintaan Kapolda dibenarkan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Selasa (21/2/2023) kepada awak media.

“ Kapolda mengutamakan anak buahnya dulu yang dievakuasi, baru beliau…” kata Ramadhan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023) menyebut pertimbangan kesehatan, sesuai assessmen dari tim medis di lokasi jadi prioritas empat korban terlebih dahulu dievakuasi.

“ Tergantung assesemen dokter. Ini yang kita prioritaskan, kondisi kesehatan ya yang diutamakan…” kata Dedi.

Keempat korban tersebut yakni Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Pilot AKP Ali Nurdin Harahap, Copilot AKP Amos Freddy Sitompul, dan ADC Kapolda Briptu Muhardi Aditya

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.