KAPOLRES DAN BUPATI DEMAK DATANGI DAN BERI BANTUAN WARGA TERDAMPAK BANJIR

Jatengtime.com-Demak-Curah hujan dibarengi angin kencang yang tergolong tinggi selama beberapa hari ini mengakibatkan sebagian wilayah Kabupaten Demak terendam banjir dan mengakibatkan ribuan kepala keluarga terdampak.

Berdasarkan pantauan BPBD setempat, banjir terbesar terjadi di wilayah Kecamatan Sayung dan Karangtengah.

Banjir yang terjadi dikarenakan sungai yang meluap ke pemukiman warga. Untuk Kecamatan Sayung, sebagian besar wilayahnya terendam banjir, hanya dua desa yang tidak terdampak diantaranya Desa Bulusari dan Desa Jetaksari.

Di Kecamatan Karangtengah, desa-desa yang terdampak banjir terpantau meliputi Desa Wonowoso, Dukun, Grogol, Wonokerto dan Batu.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono bersama Bupati Demak Eisti’anah, Minggu (1/1/2023) terjun langsung membantu mengevakuasi dan memberi bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak banjir, termasuk membantu menyiapkan makanan untuk korban banjir di dapur umum Desa Prampelan.

“ Hari ini kita bersama Tim SAR dari Polres Demak, Kodim 0716 Demak, BPBD, dan relawan membantu mengavakuasi warga yang terdampak banjir ke tempat yang lebih aman…” kata Budi.

Budi menjelaskan, ketinggian air di beberapa lokasi bencana bervariasi, rata-rata hingga setinggi paha orang dewasa.

“ Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, namun untuk kerugian material belum bisa dipastikan. Kita harapkan air segera surut, dan nantinya masyarakat bisa segera kembali menempati rumahnya kembali…” ungkapnya.

Dijelaskan Budi, banjir dipicu intensitas hujan tinggi beberapa hari ini yang berujung mengakibatkan daerah aliran sungai ( DAS ) di berbagai sungai over kapasitas.

“ Sudah sekitar satu minggu hujan intensitas sedang hingga tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim beberapa hari ini, mengakibatkan DAS di wilayah Demak tidak mampu menampung debit air hujan sehingga meluap. Ditambah dengan Kabupaten Demak merupakan daerah hilir yang menjadi lintasan air dari Kabupaten lain sehingga mudah terjadi banjir…” jelasnya.

Budi menambahkan, Polres Demak akan terus membantu warga yang terdampak banjir dan akan kembali menyalurkan bantuan berupa sembako, pakaian layak pakai serta kebutuhan lainnya untuk korban banjir di Demak.

“ Besok kami akan terjun kelapangan lagi untuk monitoring kondisi banjir dan membantu warga yang terdampak di Kabupaten Demak…” pungkasnya. ( Galih Bin ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.