2 AGENDA TINGKAT NASIONAL DAN 1 AGENDA KEMANUSIAAN AKAN DIPANDU KETUA PPBI CABANG DEMAK

Demak, Headline, Nasional, Sosial2534 Dilihat

Jatengtime.com-Demak-ketua PPBI ( Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia ) Cabang Demak, Akhmad Sugiharto, ST, MT dipenghujung tahun 2022 ini mempunya 3 kegiatan yang cukup menyita waktu dan pikiran tanpa harus meninggalkan pekerjaan sehari-hari.

blank

Dari jabatan berbagai organisasi kepemudaan dan kemanusiaan yang disandangnya, Akhmad Sugiharto, ST, MT yang ternyata sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Dan Tata Ruang ( Kadin PU TARU ) sekaligus Plt Administrasi Umum Sekda Demak ( Asisten 3 ) dalam waktu dekat dan berurutan ini mempunyai 3 kegiatan utama yang butuh buah pikir, saran dan panduannya agar terlaksana dengan sukses.

Sebagai Penasehat DPC PAMMI ( Persatuan Artis Musisi Melayu Indonesia ) Demak.

Seperti yang sudah menjadi agenda tetap ketika ada sebuah bencana alam, DPC PAMMI ( Persatuan Artis Musisi Melayu Indonesia ) Demak dipastikan akan mengadakan penggalangan dana yang hasilnya 100 persen akan disumbangkan untuk untuk sekedar meringankan beban masyarakat terdampak melalui PMI Cabang Demak.

Bencana alam Gempa Cianjur yang beberapa hari lalu terjadi juga menjadi agenda utama DPC PAMMI Demak yang akan mengadakan penggalangan dana berlokasi di depan Kodim 0716/ pada Sabtu (26/11/2022) mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai.

blank

Jabatan sebagai penasehat DPC PAMMI ( Persatuan Artis Musisi Melayu Indonesia ) Demak membuat Akhmad Sugiharto juga ikut Cancut Taliwondo ( Turun tangan berkontribusi nyata dan berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan ).

“ Sudah menjadi kewajiban dan agenda tetap DPC PAMMI Demak ketika terjadi sebuah bencana di tanah air. Kami akan mengadakan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana yang rencananya akan diadakan besuk Sabtu (26/11/2022, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai ) di depan Kodim 0716/ Demak, berapapun hasilnya seratus persen akan kami sumbangkan kepada yang berhak melalui PMI…” kata Sugiharto.

“ Penggalangan dana ini akan kami lanjutkan tanggal 3 Desember tahun 2022 langsung di dua tempat, yaitu di pertigaan Mintreng, dekat obyek wisata Api Abadi Mrapen dan depan pasar Karangawen Demak…” ujarnya.

“ Semua kebutuhan penggalangan dana mulai tratak, sound system hingga sekedar makan dan minum untuk para penyanyi dan musisi sudah kami siapkan dari iuran anggota dan donasi dari pihak lain. Jadi seperti biasanya seratus persen hasil donasi dari masyarakat akan kami sumbangkan kepada yang berhak. Itu wujud kami semua anggota dan penggurus PAMMI. Monggo bagi masyarakat Demak yang kebetulan berada disekitar kami mengadakan penggalangan donasi, berapapun rejeki yang disumbangkan, akan kami terima…” pungkasnya.

Sebagai Ketua PPBI Cabang Demak.

Suami dari Nur Aini S,Pd ( Guru SMAN 2 Demak ) ini telah mengenal bonsai sejak masih kuliah di Malang, kemudian menekuni hoby tanaman kerdil hingga saat ini hingga menjabat sebagai ketua PPBI bersama anggotanya, beberapa bulan yang lalu telah berhasil menoreh prestasi dengan berhasil mengadakan Pameran Bonsai Tingkat Nasional yang diikuti 630 lebih bonsai sari berbagai daerah seluruh Indonesia di komplek Wisma Halim yang dibuka langsung oleh Bupati Demak, dr. Eistianah, SE.

Menjadi semacam tradisi di dunia bonsai saling berkunjung dan silaturahmi dengan cara ikut menjadi peserta pameran bonsai, dua agenda nasional yaitu Pameran Tingkat Nasional diwaktu yang berurutan, yaitu :

– Pamnas Bonsai Jepara bertajuk “ Indonesian Bonsai Fighter ” yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-10 Desember 2022 di Lapangan Tahunan, Kabupaten Jepara, Sugiharto telah mengajak anggota PPBI Cabang Demak untuk ikut berpartisipasi.

blank

Dirinya jauh-jauh hari telah menyiapkan bonsai koleksi andalanya mulai jenis Anting Putri ( Wrightia Religiosa ), Beringin Kimeng ( Ficus Microcarpa ) dan Santigi ( Pemphis Acidula ) yang akan diturunkan di kelas Prosepek, Pratama, Madya dan Utama pada Pamnas Kota Ukir.

Hingga Kamis (24/11/2022) sore, untuk sementara telah tercatat 40 lebih bonsai-bonsai dari PPBI Cabang Demak dipastikan akan hadir.

“ Sementara sampai sore tadi, lewat WA grup PPBI Cabang Demak sudah tercatat 40 lebih bonsai Demak yang akan ikut ke Pamnas Jepara. Angka itu Insyaallah bisa bertambah…” kata Sugiharto.

– Kemudian disusul dengan Pamnas Sleman, Jogjakarta dengan tajuk “ Sembada Manunggaling Karya ” yang akan diadakan di Musium Monumen Jogja Kembali pada 23 Desember 2022-3 januari 2023, sesuai tradisi Akhmad Sugiharto tentunya bersama anggotanya diharapkan untuk bisa ikut berpartisipas dengan mengikutkan bonsai-bonsai terbaik koleksinya.

blank

Akhmad Sugiharto dan beberapa pengurus harian PPBI Cabang Demak sudah mempersiapkan bonsai-bonsai koleksi mereka yang akan dikirim ke Pamnas Sleman.

Ketua PPBI yang selalu mengikuti berbagai pameran bonsai baik kelas regional ( Pamlok ) maupun nasional ( Pamans ) ini  akan menurunkan 3 bonsai koleksinya jenis Beringin Kimeng ( Ficus Microcarpa ), Lohansung ( Podocarpus Macrophyllus ) dan Kupa landak ( Jaboticaba ) yang akan diturunkan di kelas Madya dan kelas Utama.

“ Kusus di Pamanas Sleman, karena memang jangkauanya jauh namun waktu pameranya yang pendek, sengaja saya hanya menghimbau anggota PPBI yang mampu saja yang mau ikut. Dalam mengikuti pameran bonsai, tidak bisa kita pungkiri biaya pendaftaran dan transportasi adalah salah satu faktor utama. Disamping itu kita juga harus memikirkan kesehatan sebuah bonsai harus selalu prima ketika ikut pameran. Untuk itu, saya hanya menyarankan monggo anggota yang mampu dan punya koleksi cadangan kalau mau ikut berpartisipasi. Yang penting minimal ada perwakilan dari PPBI Demak yang ikut partisipasi…” ungkap Sugiharto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.