COVID-19 VARIAN XBB SUDAH MASUK 7 PROVINSI, VAKSIN DAN PROKES OBAT PALING MUJARAB

Jatengtime.com-Jakarta-Belum lama masyarakat dunia menikmati bebas COVID-19 yang sempat memporakporandakan tatanan seluruh negara, kini muncul lagi varian baru dengan label XBB.

Dalam enam pekan terakhir, kenaikan terjadi nyaris dua kali lipat. Kasus harian pasien dirawat inap, hingga kematian terus bertambah.

Kementerian Kesehatan RI mencatat total kasus COVID-19 varian XBB sudah mencapai 48 kasus di bebrapa provinsi.

Tujuh provinsi yang mencatat kasus COVID-19 sub varian XBB, antara lain :
– DKI Jakarta
– Kalimantan Barat
– Lampung
– Sumatera Utara
– Jawa Tengah
– Banten
– Jawa Barat.

Juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril pada konferensi pers update kasus COVID-19, Kamis (10/11/2022) menyatakan dalam satu minggu 30 provinsi mengalami peningkatan kasus, 4 provinsi kasus turun.

“ Per 9 November kita mencatat rata-rata harian dalam satu minggu ada 30 provinsi mengalami peningkatan kasus, dan 4 provinsi mengalami penurunan kasus, dan kasus kemarin yang konfirmasi sebanyak 6.186. Dalam sepekan, kenaikan kasus COVID-19 tercatat sebanyak sampai 47,24 persen…” kata Syahril.

Dari data-data tersebut, Syahril berharap agar masyarakat waspada, tetap prokes namun jangan panik.

“ Data-data ini harus menjadi perhatian kita agar masyarakat bisa mencegah untuk tidak jatuh sakit atau masuk rumah sakit, tetap waspada, prokes namun jangan panik….” ujarnya.

“ Kelompok pasien dengan gejala sedang, berat dan kritis adalah mereka yang belum pernah divaksin. Sedangkan lansia adalah kelompok dengan kematian tertinggi…” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.