COVID OMICRON XBB SUDAH MASUK INDONESIA, WAPRES HIMBAU MASYARAKAT WASPADA DAN TETAP PAKAI MASKER

Jatengtime.com-Jakarta-Wakil Presiden ( Wapres ) KH Ma’ruf Amin dalam keterangan resminya, Sabtu (29/10/2022) menghimbau masyarakat waspada terkait masuknya virus Covid-19 subvarian Omicron XBB ke Indonesia.

Wapres juga meminta agar diperlukan kewaspadaan kepada semua elemen masyarakat, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan.

“ Kita sudah menjaga kondisi seperti sekarang, kepada masyarakat tetap harus menggunakan masker dan berhati-hati…” kata KH Ma’ruf Amin.

KH Ma’ruf juga meminta masyarakat tetap harus melakukan aktivitas sehari-harinya dengan kehati-hatian yang tinggi.

Menurutnya, rutinitas tersebut dinilai bakal membantu dalam menstabilkan roda sosial ekonomi masyarakat yang telah sama-sama dibangun sejak awal terjadinya pandemi Covid-19 yang lalu.

“ ( Kewaspadaan masyarakat ) Jangan sampai mengganggu mobilisasi masyarakat, jangan sampai ekonomi terganggu…” ungkapnya.

Lebih lanjut Wapres menyebut bahwa pemerintah terus mengkaji dan mengamati perkembangan yang terjadi terkait Covid-19 termasuk semua varianya.

Hal tersebut dilakukan pemerintah itu guna menjadi dasar dalam menentukan status kedaruratan di Indonesia dalam pandemi ini.

“ Pemerintah terus mengamati perkembangan. Karena itu, sampai hari ini ( Pemerintah ) belum mengubah status Pandemi menjadi Endemi karena kita masih terus mengamati sambil juga menunggu petunjuk-petunjuk lebih lanjut dari WHO…” ujarnya.

Kementerian Kesehatan lanjut Wapres, terus melakukan upaya proaktif dan responsif dalam hal menganalisa terhadap sub varian Omicron XBB dan potensi munculnya sub varian baru ke depan.

“ Di Kementerian Kesehatan sedang melakukan pengkajian dan seberapa besar berbahaya daripada varian baru itu. Pemerintah terus melakukan kajian dan upaya deteksi terhadap varian baru virus Corona…” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.