JOKOWI TARIK WALI KOTA SEMARANG KE PUSAT KARENA MAMPU ATASI LKPP

Jatengime.com-Jakarta-Mantan Wali kota Semarang Hendrar Prihadi ( Hendi ) mendapat tugas baru sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah ( LKPP ) di Jakarta.

Presiden RI, Joko Widodo secara resmi melantik Hendi di Istana Negara, Jakarta, Senin (10 /10/2022) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 125/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengambil sumpah jabatan Kepala LKPP yang dilantik ( dengan mendiktekan ) :

“ Saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma-bhakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab…”.

Atas kepercayaan presiden Jokowi karena Hendi mampu mengemban tugas, selanjutnya, mantan Wali Kota Semarang ini akan langsung menjalankan tugas sebagai Kepala LKPP-RI untuk fokus dalam urusan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Acara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kemudian diikuti oleh para undangan yang hadir.

Presiden Joko Widodo usai pelantikan menyampaikan alasan pemilihan Hendrar sebagai Ketua LKPP adalah berdasarkan kemampuan dan kapasitasnya dalam mengelola organisasi.

Presiden berharap LKPP dengan dipimpin Hendi yang baru dilantik dapat terus meningkatkan sistem pengadaan barang dan jasa di Indonesia.

“ Sehingga ruang-ruang untuk utamanya dalam pengadaan barang dan jasa betul-betul bisa dikelola dan dikendalikan…” ungkap Jokowi.

Kepada Hendrar Prihadi, Presiden juga berpesan untuk menyelesaikan persoalan mengenai produk dalam negeri produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Jokowi juga berharap akan makin banyak produk UMKM yang dapat masuk ke e-katalog pusat maupun lokal.

“ Itu penting, sehingga gerakan cinta produk dalam negeri betul-betul nanti terimplementasikan dalam hal belanja pemerintah, BUMN, dan oleh daerah…” pintanya. lanjutnya.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Hendi kepada awak media menegaskan akan fokus menjalankan tugasnya sesuai arahan Presiden Jokowi.

Untuk itu Hendi menyebut fokus pada dua hal, yaitu peningkatan penggunaan dalam negeri dan UMKM serta percepatan transformasi digital, mendorong penguatan sinergitas LKPP dengan berbagai instansi, termasuk pemerintah daerah guna memastikan penerapa E-Katalog Lokal.

“ Saya rasa E-Katalog lokal ini kalau bisa dipahami manfaatnya besar sekali, saya mengambil contoh di Kota Semarang bagaimana penguatan ketahanan ekonomi dapat didorong lewat itu…” kata Hendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.