REKONTRUKSI PEMBUNUHAN BRIGADIR J, 78 ADEGAN BERLANGSUNG 7,5 JAM

Jatengtime.com-Jakarta-Rekonstruksi untuk melengkapi BAP pembunuhan berencana Brigadir J ( Brigadir Yoshua ) dengan 5 pelaku yaitu Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada E ( Richard Eliezer ), Bripka RR ( Ricky Rizal ) dan Kuwat Ma’ruf.

Rekontruksi yang sesuai dengan komitmen Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut berlangsung selama 7,5 jam mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB dengan 78 adegan dengan lokasi di tiga tempat yaitu dua tempat kejadian perkara ( TKP ) asli dan satu TKP tiruan seakan di rumah Sambo di Magelang, Jawa Tengah.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo saat konferensi pers usai rekonstruksi di rumah dinas Ferdy Sambo Duren Tiga mengatakan sudah dilakukan dengan melibatkan para tersangka.

“ Pada hari ini Kita sudah melaksanakan kegiatan rekonstruksi berlangsung kurang lebih sekitar 7 jam setengah sesuai dengan komitmen pak Kapolri. Mungkin di dalam pelaksanaan rekonstruksi yang berjalan setengah tersebut adegan dari tingkat TKP 2, TKP asli dan satu TKP pengganti dengan melibatkan empat tersangka…” kata Dedi.

Jalannya rekonstruksi dilakukan secara transparan yang dibuktikan dengan menghadirkan pihak eksternal dari pengacara para tersangka yang mengikuti rangkaian Rekonstruksi dengan lengkap mulai dari TKP pertama hingga TKP ketiga.

Hadir juga Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban ( LPSK ) yang melakukan pendampingan dari mulai TKP pertama hingga ketiga.

Ke 78 adegan tersebut meliputi :

– TKP di rumah Ferdy Sambo di Magelang ada 16 adegan, untuk kejadian perkara pada tanggal 4, 7, dan 8 Juli 2022.

– TKP di kompleks rumah dinas Duren Tiga ada 27 adegan untuk kejadian perkara saat pembunuhan.

– TKP di rumah pribadi Ferdy Sambo di Saguling ada 35 adegan untuk kejadian perkara tanggal 8 dan setelah terjadi pembunuhan.

Usai rekontruksi para tersangka kembali diantar ke tempat penahanannya dengan pengawalan ketat polisi.