ANIES BASWEDAN DI CECAR 33 PERTANYAAN SELAMA 9 JAM TERKAIT KEGIATAN RIZIEQ SYIHAB

Jatengtime.com-Jakarta-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Selasa (17/11/2020) tampak di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman memenuhi panggilan klarifikasi soal kerumunan massa pendukung Rizieq Syihab, di acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang disorot beberapa kalangan terjadi kerumunan massa dan melanggar protokol kesehatan.

Anies Baswedan mengaku hadir sebagai warga negara yang baik, tiba di Polda Metro Jaya pada pukul 09.40 WIB.

“ Saya menerima undangan klarifikasi tertanggal 15 November 2020 yang saya terima kemarin 16 November, sampai di kantor pukul 14.00 WIB siang, mengundang saya untuk memberikan klarifikasi pada tanggal 17 (November) jam 10.00 WIB…” ungkapnya.

Setelah sekitar sembilan jam, Anies keluar dari ruang pemeriksaan dan memberikan keterangan kepada wartawan pada pukul 19.20 WIB bahwa dia mendapat 33 pertanyaan dari petugas. Namun dia tidak banyak menjelaskan soal isi pemeriksaan terhadap dirinya.

“ Saya tadi telah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik, ada 33 pertanyaan yang disampaikan dan menjadi sebuah laporan sepanjang 23 halaman… kata Anies.

Dia mengaku bahwa yang disampaikannya saat klarifikasi sudah sesuai dengan fakta dan menyerahkan soal isi pemeriksaan kepada Polda Metro Jaya.

“ Semua sudah dijawab, sesuai dengan fakta yang ada, tidak ditambah, tidak dikurangi, adapun detail isi pernyataan klarifikasi dan lain-lain, nanti menjadi bagian pihak Polda Metro Jaya untuk meneruskan dan menyampaikan sesuai kebutuhan…” ucapnya.

“Jadi hari ini saya datang sebagai warga negara untuk memenuhi undangan dari Polda. Itu saja,” ucap Anies Baswedan

Terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan hari ini ada 10 orang yang diminta klarifikasi soal kegiatan tersebut. Namun, dari 10 orang yang diundang itu, hanya 9 orang yang dimintai klarifikasi.

“ Dari 10 ini, kita protokol kesehatan kita lakukan uji swab antigen. Satu orang Lurah dari Petamburan positif atau reaktif dan sekarang kita rujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati, karena saat di-swab antigen yang bersangkutan reaktif positif. Jadi 9 ini sementara masih dilakukan klarifikasi…” kata Yusri.

Selain Anies Baswedan, yang hadir dalam undangan klarifikasi itu antara lain Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Marghantara, Kepala Biro Hukum, Kepala KUA Tanah Abang, Camat, hingga RW/RT, Satpol PP dan Bhabinkamtibmas.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pihaknya akan meminta klarifikasi terhadap panitia penyelenggara, tamu undangan, dan saksi nikah putri Rizieq. Mereka akan diperiksa pada Rabu (18/10) besok.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.