ANIES BASWEDAN MINTA ANGGARAN Rp 700 MILYAR BUAT BELI LAHAN, DPRD : Buat apa, Pak @aniesbaswedan

Jatengtime.com-Di saat masyarakat Jakarta dalam posisi yang sulit, dihajar oleh dampak merebaknya virus Corona, namun Gubernur Jakarta Anies Baswedan justru malah meminta anggaran dengan total nilai Rp 700 miliar untuk membeli lahan, bukan untuk keperluan penanganan corona.

Rencana Anies diketahui dalam Surat Gubernur DKI Nomor 161/-1.713 tertanggal 20 April 2020 tentang Kegiatan SKPD/UKPD Provinsi DKI Jakarta pada Perubahan Anggaran Mendahului Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020.

Dalam surat tersebut, Anies melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota meminta Rp 364 miliar yang rencananya akan digunakan untuk membangun Ruang Terbuka Hijau. Dan melalui itu Dinas Bina Marga, Anies meminta Rp 346 miliar untuk membeli lahan. Namun tidak dijelaskan lahannya akan digunakan untuk membangun apa.

Menanggapi surat, Ketua DPRD Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, Jumat (15/5/2020) lalu membenarkan ada permintaan Anies, sekaligus mengaku kaget setelah mendapatkan laporan dari Komisi C ternyata Anies masih mengajukan anggaran konsumtif di saat merebaknya corona.

Saya sudah mendapat laporan dari Komisi C soal kegiatan di perubahaan APBD tahun 2019. Saya kaget juga kok masih ada anggaran yang bersifat konsumtif disini…” kata Prasetio.

Dia juga menyayangkan tindakan Anies ini. Seharusnya anggaran DKI saat ini difokuskan untuk menanganani masalah penyebaran corona.

“ Bayangin…di tengah situasi seperti ini, disaat seluruh anggaran di 2020 dipangkas dan dialihkan untuk penanganan dan pemulihan corona, kok ini masih ada belanja lahan…” ujarnya.

Senada dengan Ketua DPRD DKI, Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sigit Widodo mempertanyakan anggaran Rp700 miliar yang diminta Anies untuk membeli lahan, namun belum dijelaskan dengan pasti lahan tersebut akan digunakan untuk membangun apa.

Melalui media sosial Twitter @sigitwid, Sigit justru menyarankan Anies agar anggaran tersebut digunakan untuk penanganan corona.

Buat apa, Pak @aniesbaswedan?

Dalam situasi sekarang lebih baik dananya untuk memperbanyak tes COVID-19, membagikan makanan dan sembako pada yang memerlukan, memberikan tempat tinggal untuk tunawisma.https://t.co/aCvUPINNuR

— #psiRamadanBersamaRakyat – Sigit Widodo (@sigitwid) May 16, 2020

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.