PT JSP KARANGANYAR DEMAK SUMBANG PULUHAN BIBIT POHON BUAH KEPADA FOSIL UNTUK DITANAM DI EKS TPA SAMPAH KALIKONDANG

Jatengtime,com-Demak-PT JSP ( Jaya Setia Plastik ), Rabu (31/5/2023) memberikan bantuan puluhan bibit pohon buah-buahan kepada komuntas peduli lingkungan ‘ Fosil ’ ( Forum Aksi Lingkungan ) Demak, untuk ditanam dan dipelihara di lokasi eks TPA Sampah Kalikondang Demak.

Pemberian bantuan bibit buah-buahan ini sebagai salah satu wujud kepedulian perusahaan yang begerak dibidang mainan dan barang-barang yang terbuat dari plastik yang beralamat di Desa Karanganyar RT 01/ RW 04 Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak.

Diketahui, PT JSP adalah perusahaan yang mempekerjakan sekitar seribu karyawan yang sebagaina besar berasal dari desa setempat, dirintis dari nol oleh Fakhrudin, memang dikenal sangat peduli lingkungan dan sosial.

Wahyu, salah satu wakil dari PT JSP disela-sela penyerahan bibit mengatakan bahwa pihaknya sengaja memberikan bibit pohon buah-buahan jenis Sukun dan Matoa setelah mengetahui bahwa eks TPA Sampah Kalikondang oleh pelindung Fosil, Akhmad Sugiharto, ST. MT yang menjabat sebagai Sekda Demak akan dijadikan tempat pemuliaan tanaman, konservasi alam dan eduwisata petik buah.

“ Mungkin bantuan dari kami kali ini yang berupa bibit pohon Sukun dan Matoa jumlahnya tidak seberapa. Namun demikian kami sangat berharap dari tanaman ini nantinya akan berguna bagi masyarakat…” kata Wahyu.

Alasan lain menurut Wahyu adalah untuk membuat TPA sampah yang konotasi umum adalah tempat kumuh, bau dan lain-lain menjadi lahan konservasi alam bukan pekerjaan mudah.

“ Tentunya kami salut dan hormat kepada rekan-rekan Fosil yang telah berhasil menaklukan tempat kumuh dan bau tersebut menjadi sebuah lahan yang mulai terlihat hijau dengan diumbuhi beraneka ragam tanaman….” ujarnya.

Ternyata PT JSP mendapatkan berbagai informasi terkait eks TPS Sampah yang akan dijadikan salah satu destinasi unggulan dari Sekda Demak yang tak lain adalah pelindung dari Fosil.

“ Dari bapak Sekda kami kami mendapat informasi tentang sebuah upaya Pemkab Demak dan rekan-rekan pecinta lingkungan Fosil dalam upaya membuat eks TPA Sampah tersebut menjadi sebuah destinasi unggulan, Sebuah tempat yang multi fungsi baik sebagai tempat pemuliaan tanaman, konservasi dan yang paling membanggakan akan dijadikan tempat eduwisata petik buah. Mungkin ini nanti akan menjadi sebuah percontohan bagi daerah lain…” ungkapnya.

“ Yang tidak kalah membanggakan semangat juang rekan-rekan Fosil yang sejak pertama babat alas pastinya sangat berat tugasnya. Menurutinformasi pak Sekda, Fosil berjuang dari nol. Membersihkan lumpur dan menata sampah yang berserakan, menaklukan bau dan menetralkan lahan yang sebagian besar berupa sampah organik dan unorganik sehingga bisa ditanami tanaman mulai rumput hingga tanaman buah….” pungkasnya.

Sementara itu pelindung Fosil, Akhmad Sugiharto yang kebetulan sedang menunaikan ibadah haji menyempatkan diri mengucapkan terima kasih kepada PT JSP yang telah memberikan bantuan bibit tanaman buah yang rata-rata tingginya 4 meter.

“ Selaku pelindung rekan-rekan Fosil, kami ucapkan terima kasih kepada PT. JSP yang telah berkenan memberikan bantuan bibit tanaman buah-buahan. Dan kami tidak menyangka bibit pohon buah tersebut tingginya sekitar 4 meter. Awalnya kami kaget, perkiraan kami namanya bibit tingginya semeteran. Tentunya makin baik, semoga dalam setahun kedepan sudah bisa berbuah dan dapat dinikmati masyarakat…” kata Sugiharto.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.