PMI KIRIM UANG Rp 1,5 MILYAR DAN TIM MEDIS BANTU KORBAN GEMPA TURKI DAN SURIAH

Jatengtime.com-Jakarta-Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Palang Merah Indonesia ( PMI ) memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar USD100.000 atau senilai sekitar Rp1,5 miliar untuk para korban gempa di Turki dan Suriah dan di terima Dubes Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu.

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla ( JK ) di kantor Dubes Turki kepada awak media, Jum’at (10/2/2023) mengatakan, pemberian bantuan berupa uang tunai tersebut sebagai bentuk rasa kemanusiaan dan dan saling membantu, di saat Indonesia mendapat cobaan besar berupa Tsunami di Acah, pemerintah Turki ikut terjun lansung membantu.

“ Saya mengharapkan kita semua membantu, sama seperti waktu kita ada bencana tsunami di Aceh itu, Turki sangat membantu Indonesia…” kata Kalla.

Bantuan uang tunai senilai USD100.000 dari PMI merupakan bantuan tahap pertama, kemudian nanti disusul bantuan tim medis PMI.

“ Besuk tim medis PMI , lima dokter dan perawat besok berangkat…” ujarnya.

Jusuf Kalla menjelaskan kenapa PMI mengirimkan sumbangan dalam bentuk uang tunai, menurutnya bantuan tersebut lebih praktis dan efektif.

“ Kita mempunyai kebijakan, lebih baik mengirim dengan cash. Kalau logistik belum tentu, misalnya kita kirim selimut, selimut kita tipis, sedangkan mereka butuhnya selimut tebal. Kita kirim makanan…? makanan kita tidak cocok. Jadi memakai cash lebih efektif, lebih murah dan sesuai kebutuhan…” ungkapnya.

JK juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengirimkan bantuan kepada korban gempa Turki dan Suriah bisa dalam bentuk uang tunai melalui penggalangan dana yang dilakukan PMI.

“ Kita juga membantu mengumpulkan donasi dari masyarakat, Jadi masyarakat yang ingin menyumbang, bisa lewat Palang Merah Indonesia…” pungkasnya.

Sementaraitu, Dubes Ahmet mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PMI untuk para korban gempa Turki.

“ Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada bapak Jusuf Kalla dan PMI yang telah datang kemari untuk memberikan donasi yang tulus untuk para korban gempa di Turki…” kata Ahmet.

Donasi dari Pemerintah Indonesia dan dari PMI akan membantu meringankan beban masyarakat Turki yang terdampak gempa.

“ Kita sangat bersyukur dengan dukungan dari internasional, khususnya dari negara saudara kita Indonesia dan PMI. Donasi ini akan membantu bagi banyak orang yang membutuhkan…” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.