KETUA DPRD DUKUNG BONSAI JADI SALAH SATU UMKM UNGGULAN KABUPATEN DEMAK

Jatengtime.com-Demak-Usaha budidaya bonsai di Demak yang makin maju pasca suksesnya gelar pameran tingkat nasional yang diadakan di Wisam Halim bulan Agustus lalu ternyata tidak luput dari pantauan Ketua DPRD Demak H. Fahrudin Bisri Slamet

Pamnas yang baru pertama kali diadakan Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia ( PPBI ) Cabang Demak berhasil menampilkan 632 bonsai dari berbagai daerah ini menurut Ketua Dewan yang terkenal dengan nama FBS saat ditemui diruang kerjanya, Senin (28/11/2022) menyatakan suksesnya pameran tersebut adalah sebuah prestasi luar biasa berskala nasional.

FBS menambahkan sangat mengenal Ketua PPBI Demak ( Akhmad Sugiharto, ST.MT ) dalam keseharian maupun dalam tugas kenegaraan.

blank

“ Walau terlambat saya ucapkan selamat dan sukses kepada ketua PPBI Cabang Demak Akhmad Sugiharto, ST.MT dan seluruh panitia Pamnas Bonsai yang bertema ‘ Gebyar Bonsai Ing Bhumi Wali ’ yang telah mengharumkan nama Demak ditingkat nasional…” kata FBS

“ Untuk mengadakan sebuah kegiatan berskala nasional bukan pekerjaan mudah, namun saya sejak awal yakin tangan dingin ketua PPBI Demak beserta anggotanya akan mampu mengadakan pameran ini. Saya juga tahu bahwa ketua PPBI ini sering mengikuti pameran diberbagai daerah, itu salah satu kunci Pamnas Demak sukses…” ujarnya.

Bonsai masuk dalam kategori UMKM unggulan Demak

Politisi PDI-P ini ternyata diam-diam membuka literasi yang berkaitan dengan dunia tanaman kerdil ini dan menemukan fakta bahwa bonsai adalah sebuah usaha ekonomi kreatif yang layak masuk dalam kategori UMKM.

“ Dari pameran itu koq saya jadi tertarik dan kemudian mencari berbagai informasi seputaran dunia bonsai. Ternyata kalau ditekuni dengan benar bonsai adalah sebuah usaha ekonomi kreatif. Dan sudah terbukti banyak petani yang sukses bahkan menjadi salah satu sumber penghasilanya. Budidaya dilakukan petani dalam hal ini menengah kebawah, tapi sekmen pasarnya ternyata menengah ke atas…” ungkapnya.

FBS juga sepakat dan mendukung Bupati Demak dr. Eisti’anah, SE saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pamnas Bonsai tersebut yang mengapresiasi atas penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai beberapa bulan lalu serta berharap kegiatan ini dapat memberikan hal positif bagi masyarakat dalam upaya meningkatkan perekonomian di Kabupaten Demak.

“ Tentunya karena usaha dan budidaya bonsai ternyata memang sangat presentatif, maka selaku ketua Dewan saya sepakat dengan Bupati Demak bawah ini dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, dan layak masuk dalam salah satu kategori UMKM unggulan Demak. Sumber daya alam dengan berbagai jenis pohon di Demak melimpah, kebutuhan akan pupuk kandang juga melimpah, jadi wajar jika pemerintah ikut peduli dan mendukung masyarakatnya budidaya bonsai…imbuhnya.

Terkait Pamnas Jepara.

FBS ternyata juga mengamati Pamnas Bonsai Jepara yang terkenal dengan slogan Indonesian Bonsai Fighter 2022 yang juga sedang diikuti perwakilan dari PPBI Cabang Demak.

blank

“ Benar…saya juga tahu bahwa saat ini tetangga kita Jepara sedang mengadakan pamnas terbesar diakir tahun ini, dan saya sangat berharap Ketua PPBI Demak akan tambah semangat memimpin anggotanya dalam rangka ikut menyukseskanya sebagai ajang silaturahmi. Menang kalah bukan ukuran, yang penting ikut bertanding membawa nama Demak dikancah nasional. Selamat dan sukses buat seluruh pengurus dan anggota PPBI Cabang Demak…” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.