CAWAPRES GIBRAN SEBUT ‘ASAM SULFAT’ UNTUK IBU HAMIL, SALAH UCAP YANG BENAR ASAM FOLAT

Headline, Nasional, Politik1255 Dilihat

Jatengtime.com-Jakarta-Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka sebut Asam Sulfat untuk ibu hamil saat Kampanye Indonesia Emas 2045 lewat program Kartu Indonesia Sehat (KIS) khusus ibu dan anak.

Sebut Asam Sulfat untuk ibu hamil diucapkan Gibran ketika menemui sejumlah influencer di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu 3 Desember 2023 dan viral setelah sebuah video TikTok @idrisbue pada Senin 4 Desember 2023 beredar luas, sontak jadi perbincangan warganet, yang benar untuk ibu hamil adalah Asam Folat.

Awalnya, Gibran membahas cita-cita Indonesia Emas 2045, dan untuk mewujudkannya, dia menilai kalau Indonesia harus menyiapkan generasi emas di mana stunting sudah bisa terhapuskan.

Pemberian gizi yang baik untuk generasi masa depan turut menjadi perhatian Gibran, serta program makan siang gratis bagi para pelajar.

Setelah itu, ada juga Kartu Indonesia Sehat (KIS) khusus ibu dan anak yang sengaja dibuat Gibran agar dapat memonitor tumbuh kembang anak bahkan ketika masih di dalam kandungan.

“ Yang ‘cewek-cewek’ ini harusnya dicek untuk punya anemia atau nggak, lalu ketika hamil harus di cek ya misalnya ‘asam sulfat’, yodiumnya terpenuhi nggak…” kata Gibran.

Salah ucap Gibran lantas menjadi sorotan warganet, pemilik akun X @alwnif menyadari Gibran salah ucap yang seharusnya asam folat menjadi asam sulfat.

“ Ini tim nya mas @gibran_tweet kurang persiapan apa gimana? ‘asam sulfat untuk ibu hamil terpenuhi atau tidak’ itu maksudnya apa…?” cuitnya.

Perlu diketahui, Asam sulfat yang rumus kimianya adalah H2SO4 merupakan substansi kimia yang bersifat korosif dan berbahaya bagi jaringan tubuh manusia.

Asam sulfat dikenal luas merupakan kandungan pada air baterai atau aki kendaraan, jika paparan/ terkena bagian tubuh manusia berlebihan bisa berakibat fatal.

Asam sulfat dikenal luas merupakan kandungan pada air baterai atau aki kendaraan berfungsi sebagai penghantar dan penyimpan listrik. Berupa cairan padat, tidak berwarna, berminyak dan bersifat korosif.

Dalam berbagai konsentrasi, asam sulfat digunakan dalam pembuatan bahan peledak, pupuk, pigmen, pewarna, obat-obatan, detergen, garam, dan asam an-organik.

Asam sulfat adalah asam yang sangat kuat dan mudah bereaksi pada suhu tinggi dengan banyak logam, karbon, belerang, dan zat lain.

Asam sulfat juga merupakan zat dehidran kuat dan mudah bereaksi dengan air, bahkan mampu membakar bahan organik seperti kayu, kertas, gula dan meninggalkan residu karbon.

Berbahaya buat manusia

Asam sulfat sangat korosif. Paparan langsung pada kulit, mata, saluran pernapasan dan saluran pencernaan bisa langsung meng-iritasi jaringan. Menghirup uap asam sulfat bisa mengakibatkan erosi gigi dan iritasi saluran pernapasan.

Meminum asam sulfat akan membakar mulut dan tenggorokan serta menciptakan lubang di perut, kulit yang terpapar asam sulfat akan langsung terbakar mengakibatkan kerusakan jaringan dan perlu penanganan khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.