DIDUGA KARENA GENCAR DISERANG NETIZEN, KPU AKIRNYA ADAKAN DEBAT CAPRES DAN CAWAPRES 2024

Jatengtime.com-Jakarta-Diduga karena gencar diserang Netizen, KPU (Komisi Pemilihan Umum) akhirnya mengadakan debat capres dan cawapres, Namun dalam setiap gelarannya, setiap pasangan capres-cawapres harus hadir.

Debat capres-cawapres yang harus diikuti 3 pasangan ini diprediksi bakal ramai yang akan dinilai oleh masyarakat adalah kepiawaian, daya intelektual dan kedalamanan ilmu dalam berdebat. Debat capres akan digelar tiga kali dan debat cawapres akan digelar dua kali.

Komisioner KPU August Mellaz, Senin (4/12/2023) dalam keterangan pers mengakui, muncul beberapa pembahasan soal debat capres-cawapres saat melakukan rapat dengan tim kampanye Pilpres 2024 pada Rabu (29/11/2023) lalu. Salah satu pembahasan adalah apakah perlu para kandidat hadir bersamaan di setiap debat.

“ Memang respons dari pertemuan, kan enggak ada yang melanggar, enggak ada yang keliru dengan (bahasan) itu…” kata Mellaz.

Mellaz menceritakan pembahasan diawali paparan KPU soal konsep debat yang telah dipersiapkan lembaganya, setelah memaparkan konsep debat, masing-masing timses capres-cawapres memberikan tanggapan.

“ Dua timses menanggapi bahwa sesuai frasa dalam ketentuan KPU, maka capres-cawapres harus hadir bersamaan dalam debat…” ujarnya.

Pembahasan tersebut menurut Mellaz tidak melanggar Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 dan Keputusan KPU Nomor 1622 Tahun 2023 dan sesuai dengan konsep awal KPU.

“ Bahwa debat ‘dihadiri oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden’. Satu timses lain menilai sebaliknya…” ungkapnya.

Mellaz lantas menjelaskan, tim kampanye capres-cawapres lainnya menilai esensi frasa tersebut tidak otomatis terlanggar. Jika, hanya capres yang datang pada debat capres, dan hanya cawapres yang datang pada debat cawapres.

“ Merujuk aturan, KPU mengatur debat terbagi atas tiga kali debat capres dan dua kali debat cawapres. Sehingga diasumsikan debat capres hanya dihadiri capres, dan debat cawapres hanya dihadiri cawapres…” pungkasnya.

Berikut jadwal debat capres-cawapres terbaru dari KPU:

  1. Selasa, 12 Desember 2023
  2. Jumat, 22 Desember 2023
  3. Minggu, 7 Januari 2024
  4. Minggu, 21 Januari 2024
  5. Minggu, 4 Februari 2024

Berikut tema-tema debat capres-cawapres 2024:

– Debat pertama: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

– Debat kedua: Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional.

– Debat ketiga: Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

– Debat keempat: Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria dan Masyarakat Adat.

– Debat kelima: Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society) dan Ketenagakerjaan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.