SEKDA DEMAK : PEMKAB BANGGA DAN BERSYUKUR, MASIH BANYAK SANTRI KOTA WALI YANG HAFAL AL-QUR’AN

Jatengtime.com-Demak- عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : قَالَ رَجُلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ قَالَ : الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ – قَالَ : وَمَا الْحَالُّ الْمُرْتَحِلُ؟ قَالَ الَّذِي يَضْرِبُ مِنْ أَوَّلِ الْقُرْآنِ إِلَى آخِرِهِ كُلَّمَا حَلَّ ارْتَحَلَ

Dari Ibnu Abbas RA, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW,…Wahai Rasulullah SAW, amalan apakah yang paling dicintai Allah SWT…?

Rasulullah SAW menjawab…Al-hal wal murtahal…

Seseorang tadi bertanya lagi…Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah SAW…?.

Rasulullah SAW menjawab…Yaitu yang membaca Al Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal…. ( HR Tirmidzi ).

Hadist tersebut menjadi petunjuk dan panutan segenap pengurus Pondok Pesantren Al-Qur’an Badruzzaman, Desa Bango, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak menyelanggarakan Pengajian Hahlah Khotmil Qur’an, Sabtu (21/1/2023-23 Jumadil Akhir 1444 H) pukul 18.30 WIB.

Tampak hadir dalam Pengajian Hahlah Khotmil Qur’an, Gus Dlowi seorang kyai karismatik pengasuh Ponpes Al-Hidayat, Temuroso, Guntur, Demak yang dikenal sebagai tokoh sentral Banser, alim ulama dan tamu undangan dari berbagai daerah dan ratusan Nahdiyin dari desa Bango dan desa sekitarnya.

Dalam sambutanya, Ketua Panitia Akhmad Sugiharto. ST,MT yang kebetulan menjabat sebagai Sekretaris Daerah ( Sekda ) Demak menyatakan rasa bersyukur, bangga sekaligus terharu masih banyak santri yang berhasil menyelesaikan kewajibanya dalam menghafalkan ( Khatam ) Al-Qur’an.

“ Tidak banyak yang akan saya sampaikan, namun atas nama pemerintah daerah, atas nama negara dan umat islam, tentunya kita semua patut bersyukur, bangga sekaligus terharu masih banyak santri yang berhasil menyelesaikan kewajibanya dalam menghafalkan ( Khatam ) Al-Qur’an…” kata Sugiharto.

Jumlah santri Khotmil Qur’an secara keseluruhan 76 santri/ wati terdiri dari :
Khotimin Bil Hifdzi diikuti 9 santriwati dan 12 santri.
Khotimin  Bin Nadzri diikuti 20 santriwati dan 35 santri.

Persiapan lama sebelum pelaksanaan Hahlah Khotmil Qur’an

Seluruh panitia dan pengurus Pondok Pesantren Al-Qur’an Badruzzaman pimpinan Kyai Masykur ini sudah melakukan persiapan jauh hari untuk mensukseskan acara yang akan dikenang seluruh santri yang diwisuda.

Tidak ketinggalan Ketua Panitia, Akhmad Sugiharto. ST,MT ( juga menjabat sebagai pengurus Ponpes ) beserta istri, Nur Aini, Spd yang sama-sama berprofesi sebagai ASN bekerjasama dengan panitia dan pengurus pondok yang dilakukan setelah lepas jam dinas.

Bahkan Akhmad Sugiharto yang juga menjabat sebagai Ketua PPBI ( Perkumpukan Penggemar Bonsai Indonesia ) Cabang Demak sejak pagi sebelum hari H ikut membantu petugas dekorasi serta mengirim 2 bonsai koleknya jenis Santigi dan Anting Putri yang telah sering mendapatkan kejuaraan tingkat Nasional sebagai salah satu hiasan di lokasi Haflah.

Pelaksanaan Pengajian Hahlah Khotmil Qur’an yang dilaksanakan di lingkungan Ponpes Badruzzaman berlangsung sukses walau sempat terjadi hujan gerimis.

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

“ Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam ”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.