Ketua DPR : Harapkan Kerjasama Da Nang – Semarang Ditingkatkan

Dalam lawatannya ke Vietnam Ketua DPR, Marzuki Alie, meminta agar Pemerintah Vietnam meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia. Kerja sama itu, termasuk peningkatan hubungan sister city antara Da Nang dengan Semarang.

Hal ini dikemukakan Marzuki Alie saat diterima Ketua Parlemen Vietnam, Nguyen Sinh Hung yang didampingi beberapa anggota Parlemen dan pejabat negara termasuk Menteri Luar Negeri Phan Binh Minh di Government Guest House, Hanoi, beberapa waktu lalu.

“Kerja sama ini termasuk peningkatan hubungan bilateral antar masyarakat (people to people contact) antar kedua negara. Bisa melalui kerja sama sosial budaya, pariwisata, pertukaran pelajar dan beasiswa,” ujar politisi asal Partai Demokrat itu dalam pernyataan persnya yang diterima, Kamis (6/9).

Kunjungan kerja Marzuki Alie ke Vietnam merupakan salah satu rangkaian kunjungannya ke sejumlah negara di Asia Tenggara. Setelah mengunjungi Vietnam, Marzuki Alie akan ke Thailand dan Kamboja dalam kapasitasnya sebagai Presiden ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA). Kunjungan tersebut untuk mematangkan agenda yang akan dibahas pada Sidang Umum AIPA ke-33 di Lombok, pada 16-23 September mendatang.

Marzuki mengundang delegasi Vietnam untuk menghadiri Sidang Umum AIPA ke-33 tersebut, karena negara itu dinilai telah berhasil menunjukkan kesuksesan dalam bidang pertumbuhan ekonomi. Vietnam, lanjutnya, diharapkan dapat membagi pengalamannya kepada seluruh anggota AIPA.

Editor : Wisanggeni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.