TIM HISAB RUKYAT : INSYAALLAH BESUK MULAI PUASA RAMADHAN, MALAM INI MULAI SHALAT TARAWIH

Jatengtime.com-Jakarta-Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama ( Kemenag ) Asadurrahman di kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2023) mengatakan, kemungkinan puasa Ramadhan 1444 H akan mulai besok, Kamis (23/3/2023), oleh karena itu pelaksanaan shalat tarawih akan dimulai malam ini.

“ Insya Allah malam ini mulai tarawih dan besok mulai puasa. Insya Allah…” kata Asadurrahman.

Pemantauan Hilal di Kantor Kanwil Kemenag DKI digelar selama 35 menit dan hilal di sejumlah wilayah sudah terlihat.

Terlebih, hampir di seluruh dunia tanggal 1 Ramadan 1444 H juga akan jatuh besok hari Kamis 24 Maret 2023.

“ Hampir seluruh wilayah di dunia ini akan memulai ramadan shalat tarawihnya pada malam hari ini dan akan melaksanakan ibadah puasa mulai fajar besok…” ujarnya.

Adapun penetapan awal puasa Ramadhan 2023 menggunakan kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura ( MABIMS ).

Misalnya posisi Hilal di Papua yang sudah mencapai enam derajat 45 menit, sedangkan daerah paling barat Sumatera pada delapan derajat 75 menit.

“ Kalau cuaca baik, insya Allah akan banyak laporan yang diterima oleh Kementerian Agama dari berbagai lokasi pelaksanaan rukyat hilal pada sore hari ini…” imbuhnya.

Namun demikian, keputusan penetapan puasa ini belum final, masih menunggu jumpa pers oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang akan digelar pada pukul 19.00 WIB untuk melaporkan hasil Sidang Isbat secara resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.