SMAN 1 SAYUNG DEMAK GANDENG UNNES DALAM UPAYA DAYA SAING UJI KOPETENSI PARA GURU

Jatengtime.com-Demak-Menyadari bahwa guru atau pendidik harus selalu mempunyai daya saing uji kopetensi sesuai tuntutan jaman, SMAN 1 Sayung, Demak, Kamis (13/7/2023) sejak pukul 09.00 WIB mengadakan kegiatan peningkatan kopetensi tenaga pengajarnya dalam pengabdian kepada masyarakat dengan tema ‘Penyusunan Artikel Berbasis Penelitian Tindakan Kelas’.

Kepala Sekolah SMA 1 Sayung Prayitno, S.Pd., M.Pd membenarkan bahwa untuk mengikuti perkembangan jaman, dunia pendidikan harus selalu menciptakan berbagai inovasi dalam upaya uji kopetensi bagi tiap guru.

Prayitno menjelaskan uji kopetensi dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai kebutuhan dan kearifan lokal masyarakat di sekitar sekolah. Kali ini, SMA yang letak geografisnya berada di dekat pesisis pantai yang sebagian besar siswanya dari keluarga nelayan dan petambak, menggandeng Universitas Negeri Semarang ( UNNES ).

“ Dijaman yang serba digital ini, haromonisasi dunia pendidikan sekarang makin dituntut sebuah terobosan dalam proses belajar mengajar…” kata Prayitno.

“ Kebutuhan tersebut harus selalu bersaing dalam sebuah uji kompetensi yang harus dimiliki semua guru, namun selalu bijak dalam penerapanya sesuai kearifan lokal dimana sekolah itu berada…” ujarnya.

“ Guru atau tenaga pendidik sekarang dituntut selalu punya motivasi dan inovasi agar selalu tercipta proses belajar dan mengajar kepada seluruh siswa yang harmonis. Kita para pengajar yang paling bertanggung jawab terhadap mutu dan kuwalitas pendidikan para siswa. Untuk itu SMA 1 Sayung memilih kerjasama dengan pihak UNNES yang telah teruji dan diakui…” pungkasnya.

Wakil dari UNNES, Dr Hamdan Tri Admaja, M.Pd selaku Koordinator Prodi S2 Pendidikan IPS UNNES menyambut baik upaya yang dilakukan SMAN 1 Sayung yang serius meningkatkan mutu proses belajar mengajar.

Tema ‘Penyusunan Artikel Berbasis Penelitian Tindakan Kelas’ yang kali ini diunggulkan adalah sebuah terobosan yang inovatif dalam dunia pendidikan saat ini sesuai tunutan jaman yang serba digitalisasi.

“ Tentunya kami menyambut baik upaya SMAN 1 Sayang dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan…” kata Hamdan.

“ Perkembangan jaman yang serba digital juga harus di ikuti seluruh tenaga pendidik dalam upaya mencerdaskan siswa. Dan itu hanya bisa dilakukan dengan inovasi tiada henti…” ujarnya.

“ Penyusunan Artikel Berbasis Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu upayanya. Guru mengajar di dalam kelas dengan berbagai tingkah laku dan kepribadan termasuk aspek geografis dimana siswa tinggal harus mampu membuat suasana belajar mengajar tetap harmonis…” ungkapnya.

“ Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah proses belajar mengajar tersebut dijadikan semacam penelitian bersama antara guru dan siswa. Kemudian hasilnya dibuat semacam artikel dengan bahasa ilmiah, namun implementasi selanjutnya bahasa tersebut mudah di mengerti semua pihak termasuk masyarakat…” pungkasnya.