Tingkatkan Ekspor Nasional, Gelar TEI

GUNA meningkatkan kinerja ekspor nasional, Kementerian Perdagangan akan menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) ke 27 mulai 17-21 Oktober 2012 di JIE Expo Kemayoran Jakarta.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dilansir dari situs resmi Setkab mengatakan, penyelenggaraan TEI tahun ini bertujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan kinerja ekspor nasional Indonesia ke negara-negara tradisional serta upaya peningkatan diversifikasi pasar ekspor ke negara-negara nontradisional seperti negara-negara Asia, Afrika, Timur Tengah dan Amerika Latin.

“Sehingga dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan perekonomian negara. Dimana tema yang diangkat tahun ini adalah Trade With Remarkable Indonesia,” katanya.

Jika dilihat dari data yang ada, nilai ekspor Indonesia bulan Juli 2012 mencapai 16,15 miliar dollar AS atau mengalami peningkatan sebesar 4,60%, dibanding ekspor Juni 2012. Ekspor nonmigas Indonesia Juli 2012 mencapai 13,17 miliar dollar AS, naik 5,04% dibanding Juni 2012.

Selain penyelenggaraan pameran, juga akan dilakukan kegiatan antara lain Trade & Investment Forum, One‐on‐One Business Meetings,Business Clinic serta Company Visit.

Selain itu juga akan diberikan Penghargaan Primaniyarta Tahun 2012 yang akan dikelompokkan ke dalam 4 kategori, yaitu Kategori Ekspor Berkinerja, Kategori Pembangun Merek Global, Kategori Usaha Kecil dan Menengah Ekspor, serta Kategori Eksportir Avonturir.

Adapun produk-produk yang akan ditampilkan pada TEI 2012 antara lain, komponen otomotif, kakao, kopi, minyak kelapa sawit, furnitur, karet dan produk karet, tekstil dan produk tekstil, dan kerajinan tangan. Selain itu juga obat-obatan herbal, perhiasan dan aksesoris, produk pertanian, barang pecah belah, produk kertas, serta peralatan olah raga, dan lain-lain.*

Sumber : Setkab/Keasdepan Kemenperindag

Editor : Herry Febriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.