Indonesia Berikan Bantuan Pangan ke Korea Utara

INDONESIA memberikan bantuan pangan senilai 2 juta dollar AS kepada Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) atau Korea Utara guna membantu masyarakat negara tersebut yang baru-baru ini dilanda krisis pangan. Bantuan diserahkan langsung oleh Menko Kesra Agung Laksono kepada Dubes Korea Utara untuk RI Jong Ryul di kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Rabu (19/9).

“Bantuan ini merupakan ungkapan rasa solidaritas bangsa Indonesia terhadap negara lain yang sedang terkena musibah,” ujar Menko Kesra.

Menko Kesra Aung Laksono berharap agar krisis pangan yang menimpa masyarakat RDRK dapat segera pulih dan masyarakat dapat kembali menjalankan kegiatan secara normal. Selain itu, dengan adanya bantuan ini, diharapkan hubungan diplomatik kedua negara dapat senantiasa terpelihara dengan baik.

Bantuan senilai 2 juta dollar AS yang diberikan Pemerintah RI itu akan disalurkan dalam bentuk minyak goreng, biskuit serta bahan pangan lainnya. Penyerahan bantuan pada hari ini merupakan penyerahan secara simbolis.

Secara teknis, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyerahkan bantuan tersebut melalui World Food Programme (WFP), dan selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat RDRK.
Penyerahan bantuan pangan kepada rakyat Korea Utara itu juga dihadiri oleh Direktur Asia Timur dan Pasifik, Kemenlu, Dewi S. Wahab, perwakilan WFP, pejabat Kemenko Kesra dan pejabat dari Kedutaan Besar Korea Utara di Jakarta.*

Sumber : Setkab/Kemenko Kesra

Editor : Herry Febriyanto