SEKDA (SEKALIGUS SEBAGAI KETUA PPBI) DEMAK BUKA PAMERAN DAN KONTES BONSAI LOKAL, DIIKUTI 533 POHON DARI 8 KABUPATEN

Jatengtime.com-Demak-Sekda (Sekretaris Daerah) yang juga menjabat sebagai Ketua PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Demak Akhmad Sugiharto, ST.MT, Kamis (31/8/2023) secara resmi membuka Pameran Bonsai Lokal yang diikuti 533 pohon dari 8 kabupaten meliputi Demak, Jepara, Kudus, Pati, Grobogan, Semarang, Blora, dan Wonosobo.

Pameran dan kontes bonsai yang diadakan di lapangan Pelita, Desa Tridonorejo, Kecamatan Bonang, Demak ini dihadiri KadinPertan Agus Herawan, Penasehat PPBI Pusat Sarno Kosasih, Camat Bonang Sigit Raharjo, unsur Forkopimcam, Kades Tridonorejo Zaini, Direktur BUMD, ketua-ketua komunitas bonsai se Kabupaten Demak dan tamu undangan.

Dalam sambutanya, Sekda Akhmad Sugiharto mewakili Bupati Demak dr.Eistianah, SE menyatakan pameran dan kontes bonsai diselenggarakan kali ini bertujuan untuk membumikan bonsai di seluruh wilayah Kota Wali.

“ Pemkab bersama PPBI ingin membumikan bonsai ke seluruh wilayah Kabupaten Demak. Dan tekat kami, kedepan pelaksanaan pameran dan kontes bonsai akan digilir, bergantian di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Demak…” kata Sugiharto.

Suami Nur Aeni (guru SMAN 2 Demak) yang telah mengenal bonsai sejak kuliah di Malang ini menilai bonsai tidak hanya sebuah hoby, namun sudah masuk ranah usaha ekonomi kreatif dan UKM.

Sekda yang mempunyai puluhan koleksi bonsai jawara dan sudah malang melintang mengikuti pameran dan kontes bonsai baik lokal dan nasional hingga Pulau Dewata ini menambahkan dengan diadakan kegiatan ini secara tidak langsung akan mendongkrak nilai ekonomi baik kepada petani, pemilik hingga kolektor juga menyemangati teman-teman pecinta bonsai daerah agar membuat bonsai yang baik dan memiliki nilai jual.

Bertepatan dengan HUT PPBI ke 44 (31 Agustus 1979-31 Agustus 2023)

Pembukaan acara pameran dan kontes bonsai lokal tahun 2023 ini secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita oleh Sekda Demak didampingi Penasehat PPBI Pusat dan Camat Bonang.

“ Kebetulan pelaksanaan pameran bonsai kali ini memang kami adakan masih dalam rangkaian kegiatan HUT RI yang ke 78, sekaligus bertepatan dengan HUT PPBI yang ke 44. Oleh karena itu saya sampaian apresiasi semangat proklamasi kemerdekaan sekaligus semangat JaHeMa…Jaya Hebat Maju…” pungkasnya.

Sementara, Humas PPBI Cabang Demak Zuliadi Akhmad mengatakan sesuai AD/ART penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai sekala nasional adalah wajib dilaksanakan tiap cabang se Indonesia selama periode kepengurusan minimal sekali. Namun pameran yang berskala lokal boleh diadakan tiap tahun.

Penyelenggaraan pameran dan kontes bonsai tingkat nasional adalah kegiatan wajib bagi PPBI Cabang se Indonesia yang kini jumlahnya lebih dari 250 cabang…” kata Zuliadi.

“ Sedangkan pameran yang berskala lokal boleh diadakan tiap tahun. Kebetulan PPBI Cabang Demak telah berhasil mengadakan yang tingkat nasional dan sekarang program bapak ketua, tentunya bekerjasama dengan pemkab Demak akan mengadakan pameran lokal bergilir untuk setiap komuntas di semua kecamatan…” ujarnya.

“ Alhamdulilah kami informasikan di HUT PPBI ke 44 tahun ini tercatat sudah 8900 anggota yang sudah ber KTA seluruh Indonesia. Dan masih banyak lagi yang belum memiliki KTA. Tentunya kami berharap seluruh anggota PPBI nantinya akan mempunyai KTA sebagai salah satu simbul kerukunan antar anggota serta tak lupa kami ucapkan salam PPBI JaHeMa, Jaya Hebat Maju…” pungkasnya.