MENKOMINFO DIPERIKSA KEJAGUNG, JOKOWI : KITA HORMATI PROSES HUKUM

Jatengtime.com-Jakarta-Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) usai menghadiri pembukaan business matching produk dalam negeri tahun 2023 di Istora GBK, Jakarta, Rabu (15/3/2023) memberikan tanggapan terkait kabar pemeriksaan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate oleh Kejaksaan Agung (Kejagung).

“ Ya kita hormati…Semua proses hukum kita hormati. Semua proses hukum kita hormati kepada siapa pun…” kata Jokowi singkat.

Menteri Johnny G Plate diperiksa kali ke dua oleh Kejagung terkait kasus korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station ( BTS ) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tahun 2020-2022.

Johnny G Plate memenuhi panggilan pemeriksaan pada Rabu ini, tiba di gedung bundar Kejagung sekitar pukul 08.45 WIB. Pemeriksaan dilakukan dalam kapasitas Johnny sebagai saksi.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus ( Dirdik Jampidsus ) Kejagung, Kuntadi saat konferensi pers di Kejagung, Jakarta, Senin (13/3/2023) lalu mengatakan bahwa jajarannya akan mendalami berbagai hal terhadap Johnny G Plate, termasuk soal fasilitas “ wah ”  yang dinikmati Gregorius Alex Plate (GAP), adiknya.

“ Kita juga ingin tau fasilitas yang telah dinikmati oleh sodara GAP, adik yang bersangkutan, apakah itu terkait dengan jabatan yang bersangkutan atau tidak…” kata Kuntadi.

Selain memeriksa adik Keminfo Johnny G Plate soal keterkaitan dan peran adiknya GAP dalam perkara BTS 4G BAKTI Kominfo, penyidik juga akan menggali soal perannya selaku pengawas dan pengguna anggaran di Kementerian Kominfo.

Kejagung dikabarkan juga sedang mendalami soal manipulasi perkembangan pemalsuan proyek BTS 4G BAKTI di Kominfo.