PGSI DEMAK DESAK TIGA SERANGKAI TARIK BUKU YANG BERAFILIASI DENGAN SITUS DAKWATUNA.COM DAN HTI

Jatengtime.com-Demak-Temuan dan pelaporan isi buku terbitan PT.Tiga Serangkai yang dianggap bermuatan ajaran HTI oleh GP. Ansor Cabang Semarang ke Polda Jawa Tengah, berbuntut panjang.

Kasus tersebut kini menjadi perhatian serius oleh para guru swasta yang tergabung dalam PGSI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia) Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Ketua PGSI Kabupaten Demak, M.Noor Salim Sp.d.I menyampaikan, Rabu (17/3/2021) pagi jajaran pengurus PGSI telah berkoordinasi kepada Pembina PGSI Demak Fahrudin Bisri Slamet (FBS) yang juga Ketua DPRD Kabupaten Demak, dan kepada Ketua PW PGSI Jawa Tengah H.Muh Zeen, Legislator DPRD Provinsi Jawa Tengah Komisi E bidang Pendidikan.

“ Hasil koordinasi internal PGSI Kabupaten Demak yang beranggotakan 29.000 guru, disepakati mendesak kepada PT. Tiga Serangkai agar segera menarik semua buku pelajaran yang berkaitan dengan situs dakwatun.com…” kata Salim.

Salim menambahkan dalam situs tersebut banyak muatan ajaran-ajaran yang sengaja dikemas dengan bahasa rapi namun mengarah pada radikalisme dan HTI sebagai Organisasi terlarang di Indonesia.

Secara resmi “ Guru-guru PGSI Demak Kota Wali “ melalui Surat Nomor : 119/ PD.PGSI/Dmk/III/2021, tanggal 17-Maret-2021, telah mengirimkan Desakan Permintaan Ma’af kepada Manajemen PT. Tiga Serangkai dan Permintaan Penarikan Buku Sekolah Pendidikan Agama Islam kelas 3 atau kelas 12 SLTA, Terbitan Tiga Serangkai yang didalamnya terkait Situs dakwatun.com.

“ Desakan permintaan ma’af by telpon dan melalui surat resmi, agar Tiga Serangkai menarik buku PAI SLTA kelas 3 terkait situs dakwatun.com sudah kami sampaikan kepada Marketing Supervisor School Book PT.Tiga Serangkai, Mbak Siti Nur Rahmawati, siang tadi…” ungkapnya.

Salim yang juga guru Agama Islam di Dinas Pendidikan dan Guru Al Qur’an Hadits di Kemenag menandaskan langkah cepat ini diambil agar masalah segera selesai, tidak menggelinding kemana-mana hingga menjadi keresahan dikalangan orang tua siswa.

Sebelumnya, Salim bersama rekan guru yang tergabung dalam PGSI nurani sebagai pendidik tersentuh dan prihatin, namun segera mengambil sikap tegas terkait Ketua GP. Ansor Cabang Semarang, Rahul Saiful Bahri bersama Tim GP. Ansor telah melaporkan  PT.Tiga Serangkai ke Polda Jawa Tengah atas temuan muatan ajaran HTI pada buku Agama Islam kelas 3 SLTA, karya Ali Sadikin. Termasuk indikasi muatan ajaran radikalisme serta mendiskreditkan terhadap santri dan kiyai pada buku Agama kelas 3 SD.