VAKSIN COVID-19 PT BIO FARMA HALAL, SIAP DIPRODUKSI 250 JUTA DOSIS/TAHUN

Jatengtime.com-Bandung-Mneteri MUMN Erick Thohir saat mengunjungi kantor Bio Farma di Bandung, Selasa (4/8/2020) memastikan bahan baku vaksin Covid-19 (Corona) yang akan diproduksi PT Bio Farma (Persero) yang berkolaborasi dengan perusahaan Sinovac, China halal.

“ Kalau nanti vaksin Covid-19 benar-benar uji klinisnya baik , jadi ya Insyaallah masyarakat jangan sampai ragu, karena cerita Bio Farma itu dimulai sudah cukup lama dan sudah diakui dunia, dan insyaallah bahan bakunya tadi pasti halal…” kata Erick.

Seperti diketahui, Bio Farma yang kerjasama dengan perusahaan Sinovac, China akan menggelar uji klinis fase 3 calon vaksin Covid-19.

Negara-negara Timur Tengah langganan beli vaksin dari PT Biofarma (Persero).

Menteri Erick yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional menyatakan bahwa negara-negara Timur Tengah sudah menjadi lengganan PT Biofarma.

“ Karena memang PT Bio Farma sudah menjadi salah satu pusat produksi vaksin halal, banyak negara-negara timur tengah yang sudah beli. Tentu untuk vaksin Covid-19 sendiri nanti sertifikat halalnya dari MUI, tapi ini bahan-bahan bakunya dan produksinya sudah siap…” ujar Erick.

PT Bio Farma mampu produksi vaksin Covid-19 250 juta dosis/tahun.

Lanjut Erick dalam upaya percepatan penanganan pandemi, salah satu fokus utama Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, adalah melipat-gandakan ketersediaan vaksin dan terapi pengobatan yang sangat krusial untuk menanggulangi pandemi.

PT Bio Farma, BUMN milik pemerintah Indonesia yang telah memproduksi vaksin sejak 1890 dan dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin, dengan pangsa pasar 75% vaksin polio yang menyebar di seluruh dunia, mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis per tahun di akhir 2020.

“ Mari kita percaya atas kemampuan bangsa sendiri. Jangan ragukan kemampuan Bio Farma yang sudah teruji, baik untuk memproduksi vaksin yang dihasilkan dari kerja sama dengan negara lain juga vaksin murni karya Bio Farma sendiri. Ini karya anak bangsa. Kita maksimalkan uji klinis dan produksi vaksin Covid-19 agar tahun depan masyarakat dapat segera diimunisasi…” ungkapnya.

Sambil menunggu awal tahun depan saat vaksin Covid-19 siap digunakan, Erick Thohir meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“ Kita minta, bila mau beraktivitas, baik bekerja atau berolahraga, jangan pernah lupa untuk 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ingat selalu itu… Insyaallah, kita akan tetap sehat dan melawati pandemi ini dengan selamat, sehingga perekonomian kita bisa pulih kembali…” pinta Erick.