CAK IMIN MANGKIR DARI PANGGILAN KPK, ALASAN MEMBUKA MTQ INTERNASIONAL

Jatengtime.com-Jakarta-Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Selasa (5/9/2023) mangkir dari panggilan KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi Sistem Proteksi Tenaga Kerja Indonesia (SiPro-TKI) di Kemnaker tahun 2012 dengan alasan membuka ‘MTQ Internasional’ di Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan Cak Imin sudah mengirimkan surat ke KPK untuk minta penjadwalan ulang pemeriksaan terhadap ketua umum partai tersebut terkait dugaan korupsi di Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) tahun 2012.

“ Gus Imin sudah berkirim surat untuk penjadwalan ulang…” kata Jazilul.

Jazilul menjelaskan alasan Cak Imin mangkir dari pemeriksaan KPK di Jakarta karena sedang menghadiri agenda pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) di Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ‘yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari sebelumnya’.

“ Hari ini, beliau (Cak Imin) menghadiri agenda lama, “selaku wakil ketua DPR RI’, membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Internasional JQHNU di Tanah Laut, Kalsel…” kata Jazilul.

Minta minta jadwal ulang.

Diketahui, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Cak Imin ini sebelumnya telah dijadwalkan menjalani pemeriksaan pada Selasa (5/9/2023).

Dalam program Mata Najwa yang tayang di kanal YouTube Najwa Shihab, Senin (4/9/2023) malam, Cak Imin mengatakan, pada hari yang sama dirinya telah terjadwal untuk membuka acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional yang diselenggarakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

“ Saya sudah dijadwalkan oleh teman-teman Jami’atul Quro’ wal Hufadz (JQH) organisasi para hafiz dan qori qur’an NU (Nahdlatul Ulama). Sudah dijadwalkan lama untuk membuka forum MTQ internasional, ‘sebagai wakil ketua DPR saya harus membuka itu’, maka kemungkinan saya minta (panggilan KPK) ditunda..” kata Cak Imin.

“ Saya sudah dapat surat pemanggilan, sebetulnya saya mau datang, tapi acara saya di Banjarmasin…” kilahnya.