TAHUN 2024, POLRI TERIMA DANA Rp 114 TRILIUN SEBAGIAN UNTUK PENGAMANAN PEMILU

Jatengtime.com-Jakarta-Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam alokasi anggaran anggaran tahun 2024 akan menerima anggaran sebesar Rp 114,8 triliun, sebagian digunakan untuk kegiatan pengamanan Pemilu.

Alokasi anggaran untuk korp Bhayangkara tersebut menjadi yang ketiga terbesar di bawah Kementerian Pertanahan dan Kementerian PUPR.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit dalam Konferensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024, di Kantor Direktorat Jenderal Pajak, Rabu (16/8/2023) mengatakan, dana alokasi yang diterimanya untuk tahun 2024 akan dipergunakan untuk berbagai program prioritas, termasuk di antaranya untuk rangkaian gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

“ Terkait dengan anggaran yang turun di Polri untuk 2024 tentunya secara umum sudah disampaikan pak Menko dan bu Menkeu antara lain tugas Polri mengawal seluruh kebijakan pemerintah agar bisa berjalan maksimal…” kata Listyo.

Kegiatan rangkaian Pemilu, Pilpres dan Pikada

“ Dan juga kami harus mengawal kalender-kalender kegiatan kamtibmas selama tahun 2024 di mana selama 1 tahun penuh nanti akan ada kegiatan rangkain Pemilu, tahapan Pemilihan Presiden maupun Pilkada…” ujarnya.

Selain pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, Polri juga bertugas mengawal dan mengamankan sejumlah gelaran bertaraf internasional, hingga kegiatan-kegiatan di wilayah Indonesia Timur.

Prosentase kegiatan belanja

Secara umum anggaran Polri dijabarkan Kapolri dengan rincian 49% akan digunakan untuk belanja pegawai, 28% akan dipergunakan untuk operasional, dan 22,8% sisanya akan digunakan untuk belanja modal.

Selain untuk kegiatan menjamin keamanan, kualitas layanan publik, hingga profesionalisme SDM Polri, Kapolri mengatakan bahwa ada 6 sasaran prioritas penting yang salah satu dari perioritas yang paling utama adalah untuk Digitalisasi.

“ Kemudian kegiatan-kegiatan yang terkait meningkatkan profesionalisme dan SDM polri, termasuk pemenuhan sarpras dalam almatsus Pilpres, Pemilu dan juga program-program digitalisasi dan tentunya upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian…” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.