BONSAI KETUA PPBI DEMAK DAN ANGGOTA SUDAH BERADA DI LOKASI PAMERAN THE MAX 30 CM, DENPASAR, BALI

Jatengtime.com-Denpasar-Untuk kesekian kalinya Ketua PPBI Cabang Demak, Akhmad Sugiharto, ST.MT mengirim bonsai-bonsai koleksinya di berbagai ajang pameran baik tingkat lokal maupun nasional di berbagai daerah.

Yang terakir beberapa minggu lalu, Sugiharto mengirim koleksi bonsainya di Pamnas “ Neraka ” Indonesian Bonsai Fighter ( IBF ), Jepara.

Disebut “ Pamnas Neraka ” karena persaingan peserta di tiap kelas ( Prospek, Pratama, Madya, Utama dan Bintang ) sangat ketat dengan performa bonsai-bonsai terbaik milik kolektor-kolektor papan atas se Indonesia.

Kali ini, Sugiharto mengirimkan bonsai jenis Anting Putri ( Wrightia religiosa ) tinggi 19 cm ke Pamnas The Max 30 cm yang berlokasi di lapangan Lumintang, Denpasar, Bali.

Bonsai milik Ketua PPBI Cabang Demak di The Max 30 cm tidak sendiri, ada 1 lagi bonsai jenis Anting Putri ( Wrightia religiosa ) tinggi 21 cm milik Ulin Nuha, putra dari Kades Trengguli H. Suyoto, Kecamatan Wonosalam yang juga sering malang melintang di berbagai pameran bonsai di berbagai daerah.

Ke 2 bonsai wakil dari Kota Wali ini dibawa langsung oleh Didik “ Maneng ”, anggota “ Kobong ( Komunitas Bonsai Trengguli ) ” dengan menggunakan angkutan bus umum.

Ketua PPBI Cabang Demak awalnya mengira 2 koleksi bonsai tersebut dibawa dengan mobil pribadi, tamun ternyata oleh Didik malah dibawa dengan menggunakan angkutan umum Bus Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ).

“ Awalnya saya kira bawa armada sendiri dari Demak, tak tahunya mas Didik naik bus. Ya malah lebih baik, disamping ekonomis juga keselamatan lebih terjamin, tidak capek nyetir sendiri. Kan Demak Denpasar sangat jauh…” kata Sugiharto.

“ Yang lebih membanggakan, anggota PPBI Cabang Demak selalu aktif mengikuti pameran-pameran bonsai sebagai bentuk dari silaturahmi dan rasa kekeluargaan antar penggemar bonsai se Indonesia. Karna bonsai sudah termasuk sebagai salah satu usaha mempersatukan bangsa…” ungkapnya.

The Max 30 cm, doorprize 1 unit rumah dan banyak hadiah menarik lainya.

Pamnas bonsai The Max 30 cm telah diadakan sejak tahun 2014 dan menjadi agenda rutin tahunan guna memberikan nilai lebih bagi obyek wisata Pantai Pandawa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan popularitas serta meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pamnas bonsai The Max 30 cm yang tahun ini menjadi pameran ke 11 tergolong unik, karena syarat utama bonsai yang boleh bertanding tinggi maksimal 30 cm, yang diukur dari bibir pot atas sampai puncak ( mahkota ) bonsai.

The Max 30 cm menjadi ajang pameran bonsai paling favorit dikarenakan banyak hal, antara lain doorpize berupa 1 unit rumah di Bali, 1 unit sepada motor dan masih banyak lagi doorprize lainya.

Serta keunggulan lain bagi pemilik bonsai atau penonton dari luar Pulau Bali dapat sekalian berlibur menimati indahnya alam dan budaya pulau Dewata.