BUPATI NATSIR : KADES LURAH SE-DEMAK HARUS KUASAI ADMINISTRASI DESA

Jatengtime.com-Demak- Bupati Demak HM. Natsir saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Produk Hukum Daerah dan Pembinaan Kepala Desa (Kades) dan Kepala Kelurahan (Lurah) se-Kabupaten Demak, di Pendopo kabupaten, Selasa (12/11/2019) menegaskan dalam upaya mewujudkan Reformasi Birokrasi Dan Kepemerintahan yang baik, diperlukan aparatur yang berkompeten dan berkualitas.

Demikian juga aparatur pemerintahan desa harus bisa menguasai administrasi pembangunan, menyusun peraturan desa, maupun APBDes mulai dari perencanaan, manajemen, hingga pengembangan sistem manajerial desa agar sektor pembangunan merata.

Dalam sosialisasi yang menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Demak, Kapolres Demak, Inspektur Kabupaten Demak dan Dandim 0716 Demak, HM. Natsir menegaskan Kepala Desa dan Kepala Kelurahan merupakan perpanjangan tangan Pemerintah yang berada pada garis terdepan pelayanan kepada masyarakat baik di tingkat desa, RW (dusun) maupun RT.

“ Dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, hendaknya pemerintahan desa dapat bersinergi dengan Badan Permusyawaratan Desa, sekretaris desa, serta perangkat desa. Bangun komunikasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan desa…” kata HM. Natsir.

Natsir menambahkan saat ini di Kabupaten Demak, anggaran yang dialokasikan ke desa semakin besar. Berbagai kucuran dana bisa digunakan untuk membangun desa. Mulai dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), serta Bantuan Keuangan Provinsi.

Oleh karena itu, Bupati menghimbau agar anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan fisik dan non fisik, terutama untuk pemberdayaan masyarakat.

“ Saya minta hasil dari alokasi dana tersebut untuk menekan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Seperti jambanisasi, berbagai pelatihan ketrampilan serta kegiatan lain yang tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat desa…” himbaunya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menyampaikan tiga kunci menjadi pribadi sukses, yaitu jenis buku yang dibaca, dengan siapa kita berteman, dan apa yang setiap hari kita lihat.

  1. Singgih juga berpesan kepada Kades/ Lurah agar selalu rukun dengan para perangkatnya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan tujuan agar pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal.

“ Dengan pelayanan yang maksimal, anda bisa dikatakan sebagai Kades yang sukses…” tegas dr. Singgih.