KECAMAN AKSI BIADAB DI 2 MASJID SELANDIA BARU DATANG DARI BERBAGAI TOKOH DUNIA

Jatengtime.com-Jakarta-Aksi brutal dan biadab di 2 masjid Selandia Baru saat umat muslim setempat menunaikan ibadah sholat jum’at, menuai kecaman keras dari berbagai tokoh dunia, bahkan disebut sebagai “ Telah memicu kengerian global “.

Komisioner Kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, dalam konferensi pers menyebut korban tewas dalam serangan teroris itu mencapai 49 orang.

Bush menjelaskan bahwa 41 orang meninggal dunia dalam penembakan di Masjid Al Noor, Deans Ave, 2 orang meninggal dunia  di sebuah masjid di pinggiran Linwood dan 1 orang meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit.

Bush menegaskan penembakan brutal itu “ direncanakan dengan sangat matang “ oleh para pelaku. Satu orang telah didakwa pembunuhan itu dan akan dihadirkan dalam persidangan di pengadilan Christchurch pada Sabtu besuk (16/3/2019).

Kecaman mengalir dari berbagai tokoh-tokoh dunia, antara lain :

– Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Dalam pernyataanya mengecam keras penembakan brutal tersebut dan menyatakan belasungkawa untuk Selandia Baru.
“ Terlepas siapa pelakunya, kita sangat mengecam keras aksi ini. Dan kita pemerintah Indonesia sampaikan duka mendalam kepada korban yang ada dari korban aksi tersebut. Dan tim perlindungan WNI sedang menuju ke lokasi…” ungkap Jokowi.

– Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacindra Arden.
Dalam pernyataanya mengecam dan menyebut penembakan brutal ini sebagai “ serangan teroris “.

– Presiden Turki, Rece Tayyip Erdogan.
Menyebut umat muslim tengah menghadapi “ pembunuhan massal”.
“ Dengan serangan ini, permusuhan terhadap Islam, yang dunia hanya diam menontonnya dan bahkan mendorongnya untuk beberapa waktu, telah meningkat dari pelecehan individu dan mencapai tingkat pembunuhan massal. Jika langkah-langkah tidak segera diambil, kabar bencana lainnya akan mengikuti yang ini…” kecam Tayyip.

– Presiden Rusia Vladimir Putin.
Menyebut penembakan brutal itu sebagai “ serangan kejam dan sinis “.
“Serangan terhadap orang-orang penuh kedamaian yang berkumpul untuk beribadah, sungguh mengejutkan dari kekejaman dan sinismenya, Dan saya harap mereka yang terlibat akan dihukum berat…” kata Putin.

– PM Inggris Theresa May.
Mengecam  penembakan itu sebagai “ serangan teroris, mengerikan dan memuakan “ dan menyampaikan belasungkawa mendalam untuk para korban.
“Menyampaikan belasungkawa mendalam usai serangan teroris mengerikan di Christchurch. Pikiran saya bersama semua korban, aksi kekerasan yang memuakkan ini…” kata PM Theresa.

– Presiden Dewan Uni Eropa, Donald Tusk.
Dalam pernyataanya mengecam keras penembakan brutal dan mengerikan.
“ Kabar mengerikan dari Selandia Baru. Serangan brutal … tidak akan pernah melemahkan toleransi dan kesopansantunan yang membuat Selandia Baru dikenal…” ungkap Trusk.

– Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas.
Dalam pernyataannya menyebut negaranya “ terdampak secara mendalam atas kejahatan brutal di Christchurch “.
– PM Spanyol Pedro Sanchez.
Dalam pernytaanya menyebut penembakan brutal itu sebagai serangan oleh  “ fanatik dan ekstremis yang ingin menghancurkan masyarakat kita “.
PM Sanchez juga menyampaikan belasungkawa untuk para korban, keluarga dan pemerintah Selandia Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.