Kaukus LH DPRD Jateng Gelar Aksi Susur Sungai

Kaukus Lingkungan Hidup DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang dikoordinatori langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Drs. Abdul Fikri Faqih pagi ini, Selasa (03/07), melaksanakan aksi susur sungai, pembersihan sampah dan pembuatan lubang bipori di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo, Karanganyar, Jateng. Selain itu, digelar pula event Obrolan Pinggir Kali (OPIK) yang menghadirkan menteri lingkungan hidup RI sebagai pembicaranya.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut aksi lapangan program layanan SMS aspirasi lingkungan yang diberi nama SEMESTA LESTARI (SMS kan Temuan Anda! Lemahnya Ekosistem, poluSi Tanah, Air, udaRa dan perubahan Iklim) yang secara resmi telah diluncurkan sejak 7 Juni lalu. Hanya dengan mengirimkan pesan pendek (SMS) ke nomor 085 2255 77447, maka keluhan permasalahan seputar bencana alam dan kerusakan lingkungan dengan cepat dan mudah akan diteruskan langsung ke dinas terkait.

“Kalangan dewan yang tergabung dalam Kaukus Lingkungan Hidup ini akan mengawal dan memastikan aspirasi masyarakat sampai pejabat berwenang untuk ditindak lanjuti. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen terhadap pelestarian lingkungan hidup.” terang Fikri kepada Jatengtime.com.

Dijelaskannya, diluncurkannya program ini mengingat Jateng termasuk provinsi yang permasalahan lingkungannya cukup banyak. Sampai bulan September 2011 ini saja, tercatat ada 511 bencana alam. “Trendnya terus naik dalam 3 tahun terakhir.” kata politisi PKS tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.